IMAGE PERUSAHAAN RUSAK??!!! TIDAKKKKKKKKKK!!!!!

Hallo guys!!

karena lagi semangat nge blog jadi aku bisa share sedikit tentang isu yang beberapa hari lalu terjadi.

yups!! siapa yang gak tau beberapa hari yang lalu itu ada kejadian yang menurut aku memalukan banget? itu loh si “angry bird” wkwkwk. Jadi ada suatu perusahaan “burung biru” yang menawarkan jasa transportasi berupa taksi yang pegawainya melakukan demo menolak adanya taksi daring yang menurut mereka mengurangi pendapatan supir taksi konvensional. Selain itu cara yang mereka gunakan menurut masyarakat sangat tidak patut dan anarkis.

tanpa menyinggung pihak lain aku cuma mau memandang kejadian tersebut sebagai pembelajaran aja gimana susahnya kita sebagai marketer untuk menjaga image baik perusahaan di mata masyarakat/konsumen.

aku gak bakal bahas lebih mengenai penyebab kasus ini terjadi, tapi lebih ke bagaimana cara PR perusahaan yang mengalami krisis ini mengembalikan nama baik mereka di mata konsumen.

Untuk anak komunikasi, khususnya marketing communication kaya aku pasti kalo liat isu yang kaya gitu jadi pusing sendiri. ya gak sih?! atau biasa aja? atau cuma aku di sini yang lebay sendiri? hahahaaha. Karena aku belajar teori-teori yang mengenai hal tersebut, dengan adanya isu tersebut aku jadinya ikut “terpanggil” untuk ikut menanggapi/memikirkan solusi terbaik yang sebaiknya digunakan PR agar image baik perusahaan tersebut balik lagi. Secara perusahaan ini image sebelumnya BAGUSSS BANGET! udah jadi “top of mind” di sebagian besar masyarakat. aku sendiripun terkadang gak mau pake taksi apapun kecuali taksi “burung biru” tersebut karena image yang mereka bangun adalah sebuah taksi yang aman, nyaman, ramah, dan memberikan pelayanan yang terbaik.

nah, satu hari pasca kejadian tersebut dari pihak perusahaan memberikan jasa transportasi taksi tersebut secara gratis untuk satu hari penuh. langkah tersebut dilakukan yah apalagi kalo bukan tujuannya untuk memperbaiki image perusahaan tersebut. TAPI MASALAHNYA, banyak banget konsumen yang mengeluh karena ketika pihak perusahaan di telepon untu memesan taksi, pihak perusahaan tidak bisa di hubungi. NAH LOH???? ada juga yang mengupdate di twitter bahwa ketika hari itu ia menggunakan jasa taksi, sang sopir pun menghidupkan argonya yang artinya bahwa jasa yang ditawarkan TIDAK GRATIS! waduhhhhh…. bukannya membaik malah image perusahaan bisa lebih buruk ya di mata konsumen/masyarakat.

Saya sebagai mahasiswa komunikasi semester 4 pun belum bisa berkomentar banyak tentang kasus ini. namun setau saya memang hal tersebut dianggap kurang tepat menurut saya hehehehe

saya ingat ucapan dosen saya si pak Indra kereen! wehehehe dosen favorit deh! beliau pernah bilang, jika kita ingin memperbaiki image perusahaan klarifikasilah terlebih dahulu kepada konsumen. lalu jika kita ingin membangkitkan kembali image baik perusahaan, berilah jeda waktu. karena ketika perusahaan kita tersandung masalah maka apapun yang kita lakukan akan terlihat salah di mata masyarakat. apalagi kebijakan perusahaan “burung biru” tersebut tidak available ketika ingin digunakan oleh konsumen.

kalo saya sendiri sebagai konsumen akan memandang hal yang sama. memang susahnya kalo jadi PR khususnya, kita gak bisa menebak atau memprediksikan apa saja yang akan terjadi/menimpa perusahaan kita kedepan. harus selalu siap siaga dan dapat membangun, menjaga, memperkuat image perusahaan  🙂

D.I.Y: Let’s make our Lip Tint!

Hallo gurls!!

Akhirnya setelah lama gak buka ini blog akhirnya ada kesempatan lagi buat ngeblog hehehe (sok sibuk banget emang anaknya!)

kali ini aku bakal ngebahas tentang gimana caranya buat liptint (ALA CHELLY!!). Yah kita tau sendiri kalo lip tint ini adalah pewarna bibir yang texturenya ada yang cair, krim, dan jelly. Lip tint ini juga populer banget di kalangan anak muda dan lip tint ini setau aku nge hits dari Korea. Kalo kalian nonton drama korea pasti sering banget nemuin noona noona cantik yang bibirnya merah, pink, orange alami gituu pokoknya so cuteee! :3

btw kemaren aku juga diinterview sama temen kuliah aku, katanya sih untuk majalah kampus gitu. yah berarti DIY liptint aku gak kuno-kuno amat deh walaupun tetep hemat 😀

nah, karena Lip Tint ini harganya lumayan dibanding lipstick ternyata dengan membuat sendiri kamu bakal dapet beberapa keuntungan loh! yang pertama, harganya bakal jauh lebih murah, terus lip tint buatan sendiri mengandung bahan bahan alami! jadi kalo ketelen yah it’s okay 🙂

okey, let’s start! (liptint cair)

Alat dan bahan:

  1. tube/tempat/wadah untuk lip tint
  2. madu
  3. pewarna makanan (warna apa aja sesuai selera, bisa merah, pink, orange. jangan warna ijo aja deh hehehe. tapi kalo kalian emang pengen juga gak apa apa sih -_-)
  4. cutton bud

Step pembuatan Liptint:

  1. Campurkan madu dan pewarna makanan ke suatu wadah (untuk takarannya bisa dikira-kira ya. aku biasanya satu sdm madu + dua tetes pewarna makanan)
  2. aduk secara merata menggunakan cutton bud
  3. swatch ke kulit tangan kamu (kalo warnanya menurut kamu kurang keluar bisa ditambah lagi sesuai selera)
  4. masukan lip tint kamu ke wadah lip tint (bisa pake wadah bekas lip tint lama kamu loh atau wadah kuteks yang udah dibersihin :))

DONE!!!!!!

Selamat mencoba cantik!:)

 

Sexy View from The Estern Islands of Indonesia

Kota Tual mungkin terdengar asing ditelinga beberapa orang Indonesia karena lokasinya yang terpencil di Maluku dan bersebelahan dengan Kabupaten Maluku Tenggara yang terkenal dengan Pasir putih halusnya yaitu pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat. Tapi siapa sangka Kota Tual menyimpan pulau tersembunyi yang belum di explore oleh wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Bair.
Pulau Bair memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau pulau kecil disekitarnya, yaitu memiliki 2 teluk dengan air laut jernih dan tenang, vegetasi mangrove dan tebing batu. Sekilas Pulau Bair mirip dengan Raja Ampat Papua tapi dalam skala kecil. Pulau Bair juga sebagai tempat hidup anak ikan Hiu jenis Blackpit.

http://4.bp.blogspot.com/-fDpYQSCHN8g/UYi0hKjkVbI/AAAAAAAAA78/bRuFbRqjjmg/s1600/Pantai-Ngurbloat-Pulau-Kei.jpg
KEREN BANGET KAN GUYS???!!!!

Untuk menuju Pulau Bair cukup mudah. Dimulai dengan perjalanan darat dari pusat Kota Tual menuju Desa Dullah Darat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Kita juga bisa menggunakan angkutan umum menuju Desa Dullah dari terminal angkutan umum yang ada di pelabuhan kapal Kota Tual. Setelah sampai di pelabuhan/dermaga Dullah Darat kita lanjutkan dengan perjalanan laut, menggunakan perahu speed yang harus kita sewa karena lokasi Pulau Bair terletak diujung dari deretan pulau – pulau yang ada di Desa Dullah Laut. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.
Dalam Perjalanan ke Pulau Bair kita akan melewati beberapa pulau kecil, salah satunya adalah Pulau Adrenan. Pulau Adrenan adalah pulau kecil seluas 500 m2 dengan daya tarik pasir pantai yang halus dan garis pasir pantai yang bergeser ke timur oleh karena perubahan musim timur dan barat, begitu juga sebaliknya. Pulau Adrenan cocok untuk yang senang bermain air di pantai dan berfoto-fot selfie.
Setelah melewati beberapa pulau yang ada di Desa Dullah Laut kita akan sampai di Pulau Bair dan akan langsung disuguhi oleh tebing tebing batu yang mengelilingi Pulau Bair dan juga klo beruntung kita akan dapat melihat anak ikan hiu blackpit. setelah sampai di teluk pulau bair kita akan disuguhi kiri kanan tebing batu yang tinggi dan beberapa tebing batu yang ada di tengah teluk. Bila kondisi laut surut atau meti kita akan menemukan beberapa pantai yang bisa disinggahi karena tidak tertutup oleh air laut.
Tips bagi teman teman yang ingin berkunjung kesana, bawa sunblock dan makanan minuman secukupnya serta jangan lupa membawa pulang sampah makanan atau minuman untuk tetap menjaga kelestarian alam. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Bair adalah pada musim Timur atau pada Pergantian musim Timur ke barat atau pergantian musim dari Barat ke Timur, bulan maret – bulan agustus. Karena lautnya tenang dan ombaknya kecil.

Pulau Bair Tual Maluku Tenggara2

sumber: http://kotawisatano1.blogspot.co.id/2015/05/pulau-bair-raja-ampat-dari-maluku.html

Analisis SWOT Iklan Citra Wakame Gel

Hallo guys!!

By the way, udah ada yang liat iklan Citra Wakame Gel belom? kalo udah, kali ini aku nyoba untuk menganalisis kecil-kecilan tentang iklan yang menurut aku menarik ini. kenapa menarik? karena kalo diikutin iklan citra dari zaman ke zaman berasa banget bedanya bro. kalo dulu zaman aku SD (kaya udah tua banget btw :”)) Citra sebagai produk kecantikan asli Indonesia ini lebih menonjolkan kecantikan asli orang Indonesia yang berkulit sawo matang. Tapi karena berubahnya zaman, Citra mencoba ngikutin perubahan itu deh.

hqdefault
Untuk nonton video fullnya bisa langsung diklik di gambar ya! 🙂

kalo zaman sekarang standar cantik Indonesia udah mulai bergeser, warna kulit yang dianggep cantik itu putih bukan kuning langsat lagi. ga heran banyak banget produk kecantikan yang fokus untuk memutihkan fufufu.

nah pada iklan Citra Wakame Gel ini yang biasa kita temuin di TV atau youtube pastinya punya kelebihan dan kekurangan. so, check this out!

  1. Strength

– Cast benar-benar meyakinkan penonton bahwa produk yang digunakan mengandung bahan yang alami dan nyaman digunakan oleh konsumen.

– Iklan menceritakan dengan ringan (cerita kehidupan sehari-hari) sehingga dengan mudah diterima masyarakat dan tidak terkesan mengiklan kan suatu produk.

  1. Weakness

– Cast dan cerita yang dipilih dalam iklan hanya menceritakan tentang kehidupan wanita muslim dan berhijab saja, sehingga memberikan kesan produk hanya dapat digunakan oleh wanita beragama tertentu saja.

  1. Opportunity

Hijab yang menjadi trend dikalangan remaja Indonesia membuat iklan tersebut sangat menggiurkan untuk mereka sebagai produk yang wajib dimiliki wanita muslim Indonesia.

– Cerita iklan yang inspiratif dapat menyalurkan energi positif kepada para audience.

  1. Thread

Iklan tersebut dapat mempersempit segmentasi pasar produk tersebut karena iklan tersebut memihak kepada satu agama saja.

Yah tapi overall aku suka sama iklannya, ga cuma promosi tapi memberikan cerita motivasi juga khususnya buat wanita-wanita di luar sana untuk terus berprestasi hihihi.

okey cukup sekian post aku kali ini, tetep stay tuned post-post aku selanjutnya ya!

BA-BAY!

Mille Crepes with Matcha Flavour

Hallo foodies!

Kalo diperhatiin dua tahun belakang kayaknya di Indonesia khususnya lagi booming banget yang namanya green tea. YA KAN?!!! hahaha

Mulai dari kue cubit rasa green tea, martabak manis green tea, minuman rasa green tea, sampe ada yang jual tempe rasa green tea juga! gila, ga kebayang banget rasa tempe yang selama ini asin jadi rasa green tea yang identik dengan makanan manis/dessert.

kalo denger kata green tea sendiri aku langsung inget aja sama negara favorit aku yaitu Jepang karena negara ini identik sama green tea atau matcha.

nah kali ini aku mau ngebahas tentang dessert yang berasal dari Brittany, Mille Crepes! mungkin belum banyak yang tau sih menurut aku tentang mille crepes ini karena belum terlalu banyak yang jual juga. kalo ada yang belom tau bentuk mille crepes itu sendiri, aku bakal kasih foto-fotonya ya yang aku ambil dari google (aku gak sempet foto kalo beli soalnya langsung aja ludes, anaknya serakus sesemangat itu hihihihihi)

omg!!! so cutie banget ga sih :3
omg!!! so cutie banget ga sih :3

 

MATCHA MY LUV!
MATCHA MY LUV!

Mille crepes ini kayak kue yang banyak layer tipis-tipis atau berlapis-lapis gitu deh. rasanya manis, gurih, dan soft banget di mulut. yang pasti kue ini beda banget sama kue biasanya dan rasanya lebih ndeuusss haha.

kalo mau buat sendiri juga bisa kok. menurut aku resep untuk buat mille crepe ini sendiri gampang dan bahan-bahannya bisa kita temuin di mini market terdekat.

So, pada penasaran kan sama cake berlapis-lapis super lucu ini? langsung cus search mille crepes di kota kamu ya. nanti kalo aku sempet buat, bakal aku kasih tau bahan-bahan dan step-stepnya.

See yaw foodies! keep being a cute dessertarian nyaw!!!